Pisang Agung

Pisang Agung merupakan salah satu pisang unggulan kabupaten Lumajang.

Pisang agung adalah jenis pisang berukuran besar dan pisang olahan (plantain, cooking banana), tentunya pisang fungsi utamanya adalah untuk diolah, meskipun ada ketika sudah matang (kulit berwarna kuning) pisang ini bisa dimakan langsung tanpa diolah.

Dalam pembuatan kripik pisang agung, dipilih pisang yang sudah tua namun masih dalam keaadaan hijau kulitnya. Pemilihan ini tentu saja bertujuan untuk mempermudah proses pengolahan pisang tersebut menjadi keripik. Sebab jika kita memilih yang kulitnya telah menguning, maka pisang akan lebih lembek, kemudian susuah untuk di iris tipis, seklaigus akan mudah gosong saat digoreng (karena kandungan gula pada pisang yang telah menguning).

Keripik pisang agung memiliki tekstrur yang halus,bentuk lebih bulat dan bagian tengahnya (tempat biji pisang) kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang lain.

Dengan pengolahan secara tradisional, maka rasa pisang agung akan semakin gurih ketika sudah menjadi keripik pisang. Keripik pisang ini diolah secara tradional, dan tentunya tanpa menggunakan bahan pengawet. Keripik yang kami produksi memliki 3 macam rasa, rasa alami, rasa manis dan rasa bawang.

Related posts:

  1. Manfaat Pisang
This entry was posted in Produk, Segar. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>