Pisang

tandan-pisang

Pisang adalah nama umum untuk tanaman dari genus Musa dan buah yang dihasilkannya. Pisang pertama kali dibudiyakan oleh petani Asia Tenggara sekitar 5000 SM. Keaneka ragaman pisang banyak ditemukan di daerah Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini dan Cina. Pada perkembangannya selanjutnya pisang menyebar sampai ke Timur Tengah, Afrika dan Amerika.

Semua pisang yang dibudidayakan sebagai konsumsi diturunkan dari dua jenis pisang liar Musa acuminata dan Musa balbisiana yang saling disilangkan.

Indonesia merupakan negara pengekspor pisang terbesar ke enam di dunia. Pisang dituai pada saat masih hijau dan akan menjadi masak setelah mencapai negara yang dituju.

Pisang Kirana

pisang-kirana

Lumajang memiliki salah satu jenis pisang khusus (endemic) yang disebut pisang Kirana. Pisang ini hanya dapat ditemukan disekitar kaki gunung Semeru; Senduro, Pasrujambe dan Gucialit. Pisang Kirana dapat berkembang baik pada daerah yang memiliki ketinggian 500 – 700 meter dari permukaan laut.
Selain telah diperdagangkan dalam pasar dalam negeri, pisang Kirana juga telah diekspor ke beberapa negara seperti Jepang dan Hongkong.

pisang-kirana

Pemerintah sendiri telah mengakui keberadaan pisang Kirana. Pisang Kirana diakui sebagai Salah satu varietas unggul oleh Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 516/Kpts/SR.120/12/2005, tanggal 26 Desember 2005 dan telah mendapat sertifikasi. Surat keputusan menteri atas pisang Kirana dapat dilihat di Pelepasan Pisang Mas Kirana Sebagai Varietas Unggul

Pisang Agung

pisang-agung

Pisang Agung telah menjadi ciri khas dari kabupaten Lumajang. Daerah penghasil terbesar pisang Agung adalah Senduro. Beberapa ahli mengkategorikan pisang Agung sebagai jenis “Plantain”, yakni jenis pisang yang harus diolah sebelum dikonsumsi. Namun berbeda dengan jenis plaintain lainnya, pisang Agung dapat juga dimakan secara langsung. Kulitnya yang relatif tebal dan keras, membuat pisang Agung dapat bertahan lama untuk mencapai fase masak sehingga rasanya semakin manis. Pisang Agung juga digunakan sebagai bahan mentah untuk keripik pisang, sale, dodol dan selai.

pisang-agung

Tiap pohon pisang Agung berbuah paling banyak dalam satu tandannya terdiri dari 2 sisir dengan jumlah buah 10-18 pisang per sisir. Berat satu tandan dapat mencapai 10-15 kg, sedangkan panjang sebuah pisang dapat mencapai 33-36 cm. Budidaya pisang Agung banyak ditemukan di Senduro yang berada pada ketinggian 475-600 meter dari permukaan laut.

pisang-agung

Pisang Agung telah mendapat sertifikasi pengesahan dengan nama pisang Agung Semeru dari Lembaga Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura pada September 2004. Sertifikasi itu diberikan setelah dikaji oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Karang Ploso, Malang, dan telah melakukan sidang sertifikasi di Dinas Pertanian Jatim. Hasil riset ilmiah tentang potensi genetis dari pisang Agung dilakukan oleh Institut Teknologi Pertanian Jawa Timur dan dapat dibaca di The Genetic Potency of Plaintain Agung Semeru Variety from Lumajang Regency East Java Indonesia

Pisang merupakan sumber energi karbohidrat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi … Continue reading

Manfaat Pisang

2 Responses to Pisang

  1. ipeee

    terimakasih atas infonya…
    ini sangat bermanfaat :)

  2. I Gusti Komang Dana arsana

    Saya mau mengembangkan pisang mas kirana dimana mencari bibitnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>