Produksi

produksi-pemotongan-pisang

Kebun Pisang menggandeng para produsen produk olahan pisang Lumajang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Kami memilih mitra produsen yang menerapkan standar mutu dan kebersihan dalam proses produksinya. Seluruh produk telah mendapatkan sertifikat dari Departemen Kesehatan (Depkes) RI. Proses produksi tetap mempertahankan cara tradisional untuk menjaga rasa khas dari pisang Agung Lumajang. Proses produksi pisang bergantung pada produk yang akan dihasilkan (seperti keripik, sale, dodol atau selai). Keripik pisang merupakan produk dengan market terbesar. Proses pembuatan keripik pisang meliputi beberapa tahap: penyeleksian, pemotongan, perendaman, penggorengan dan pengemasan.

Penyeleksian

produksi-seleksi-pisang

Pada tahap ini bahan pisang diseleksi untuk memilih bahan pisang yang layak untuk diproses. Pisang yang sudah agak tua tapi mentah dipilih supaya mudah untuk dipotong tipis-tipis. Pisang yang cacat dan yang terlalu matang tidak diikutkan dalam proses produksi. Seleksi ini didasarkan pada pengalaman produsen untuk menghasilkan hasil olahan yang bercita rasa tinggi. Pisang kemudian dicuci untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi getah yang terkandung pada pisang mentah.

Pemotongan

produksi-pengupasan-kulit-pisang

Bahan pisang yang telah diseleksi dan dipilih kemudian dikupas kulitnya.

produksi-pemotongan-pisang

Pisang yang telas dikupas kemudian diiris secara memanjang atau melintang berdasarkan bentuk yang diinginkan.

produksi-pemotongan-pisang

Hasil irisan langsung ditampung dalam bak air untuk menghindari proses oksidasi enzim fenolase yang ada dalam getah pisang.

Perendaman

produksi-perendaman-pisang

Air yang digunakan untuk menampung hasil irisan pisang telah dicampur oleh larutan garam atau gula bergantung pada rasa yang diinginkan. Beberapa produsen mencampurkan larutan Natrium Bisulfit (Na2SO3) atau potongan daun sirih untuk mencegah atau memperlambat perubahan warna menjadi coklat pada pisang. Irisan pisang direndam selama beberapa menit sebelum selanjutnya melalui tahap penggorengan.

Penggorengan

produksi-penggorengan-pisang

Irisan buah pisang digoreng menggunakan minyak yang telah panas dengan kadar yang memungkinkan semua bahan terendam. Selama proses penggorengan, irisan pisang senantiasa diaduk dan dibolak balik agar keripik tidak saling lengket. Selain itu hal ini bertujuan agar keripik matang secara merata dan tidak gosong.

produksi-penirisan-kripik-pisang

Keripik yang telah matang ditiriskan sehingga tidak ada minyak yang tertinggal di keripik.

Pengemasan

produksi-hasil-kripik-pisang

Keripik yang telah ditiriskan sampai kering segera dikemas dalam plastik agar tetap gurih dan tahan lama. Kemasan keripik yang telah diberi label siap untuk dipasarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>